Oke Guys, di post kali ini saya akan mereview salah satu Wireless Charger yang telah dijual di Indonesia, yaitu Belkin Wireless Charger. Wireless charger ini dapat digunakan ke semua smartphone yang telah disupport dengan Adapter Qi Wireless Charging. Dan untuk kalian tahu bahwa Wireless Charger ini diklaim oleh Belkin sebagai Faster Wireless Charger dengan daya 7.5 watt.

Disini saya akan mereview kecepatan pengisiannya menggunakan iPhone X. Kapasitas baterai iPhone X adalah sebesar 2716 mAh. Jadi kalian bisa memperkirakan waktu yang digunakan untuk pengisian daya baterai smartphone kalian masing-masing.

Ukuran

Ukuran diameter dari Charging Pad nya sendiri adalah 11.8 cm. Diameternya cukup besar di antara merk wireless charger yang ada saat ini. Tetapi dengan ukuran yang cukup besar, Belkin Wireless Charger hanya bisa mengisi daya satu gadget dalam satu waktu.

Untuk dapat mengisi daya smartphone kalian, kalian harus meletakkan smartphone tepat di tengah charger pad nya. Apabila tidak tepat di tengah maka wireless chargingnya tidak akan berfungsi.

Kabel dan Adaptor

Kabel & Adaptor
(Image: indOcean.com)

Membahas kabel dan adaptor dari Belkin Wireless Charger, kabel dan adaptornya udah jadi satu kesatuan nih. Dan jenis connector kabelnya pun bukan jenis connector pada umumnya di Indonesia seperti kabel type-A, type-B, ataupun type-C. Ga tau nih sambungan kabelnya ini type apaan haha. Yang jelas udah jadi satu paket di dalam kotaknya.

Saat mau travelling atau dibawa pergi harus dibawa semuanya dari charger padnya dan kabel + adaptornya. Karena dibandingkan denga merk lain yang menggunakan connector kabel type-B micro ataupun type-C, kalian dapat menggunakannya sekaligus untuk pengisian baterai smartphone ataupun powerbank kalian.

Untuk adaptornya sendiri, kalau disediakan kabel type-B atau type-C biasanya tidak disertakan adaptor pada saat membeli Wireless Chargernya. Keuntungannya kalian dapat menggantinya dengan opsi daya yang berbeda-beda. Tetapi untuk Belkin Wireless Charger, kabel dan adaptornya menjadi satu dan telah didapatkan sekaligus di kotaknya, sehingga kalian tidak perlu membeli adaptornya lagi.

Jika pemakaian kalian hanya untuk di rumah atau di kantor, Belkin Wireless Charger dapat menjadi opsi karena lebih simpel. Tidak perlu menyiapkan atau membeli adaptor lagi. Karena sudah satu kesatuan maka resiko kerusakan menjadi lebih kecil.

Kecepatan Pengisian Daya

Nah masuk ke yang paling penting untuk jadi pertimbangan nih, seberapa cepat Belkin Wireless Charger mengisi sebuah smartphone? Saya beri tahu lagi bahwa percobaan saya kali ini adalah menggunakan iPhone X dengan kapasitas baterai 2716 mAh. Jadi bagi kalian pengguna smartphone dengan kapasitas baterai yang berbeda, kalian bisa memperkirakan sendiri berapa lama pengisian daya yang diperlukan.

Untuk pengisian selama 60 menit, kapasitas yang terisi adalah sebesar 33%, jadi kira-kira 900mAh.

Untuk pengisian per 1% nya membutuhkan waktu sekitar 1,81 menit atau 1 menit 49 detik. Untuk mencapai kapasitas 50% membutuhkan waktu 90 menit 54 detik.

Dan menjadi catatan, saya melakukan pengisian tersebut menggunakan airplane mode dan sesekali saya ketuk layarnya untuk mengecek progres pengisiannya.

Belkin Wireless Charger Pad
(Image: https://www.belkin.com/us/p/P-F7U027/)

Jadi seperti itu review saya terhadap Belkin Wireless Charger. Bagi teman-teman yang ingin membeli merk satu ini dapat mempertimbangkan hal-hal di atas. Opini saya pribadi, wireless charging saat ini belum bisa secepat pengisian menggunakan kabel. Apalagi jika adaptor yang kalian gunakan untuk mengisi daya menggunakan kabel sudah support untuk fast charging. Wireless charger dapat menjadi opsi apabila kalian sering melepas pasang kabel charger pada saat charging karena lebih aman untuk kesehatan baterai kalian.

Untuk harganya sendiri, di website resmi harganya adalah $49.9. Untuk harga di Indonesia sekitar 900ribuan, kalau ketemu di bawah itu dicek dulu deh.

Belkin Wireless Charger juga diproduksi untuk support dengan iPhone. So bisa menjadi satu pertimbangan lagi buat kalian pemilik smartphone keluaran Apple tersebut. Sekian review dari saya, semoga bermanfaat untu kalian dan jangan lupa CEK POST LAINNYA YA GUYS…

Untuk info produk dan harga bisa langsung dicek di website resminya di link di bawah ya.

https://www.belkin.com/us/products/mobile-accessories/chargers-%26-cables/chargers/c/wireless-chargers/