Cara Menyalakan Sistem Start Engine Mobil Toyota All New Rush 2018 Manual (M/T) dan Automatic (A/T)

Cara Menyalakan Sistem Start Engine Mobil Toyota All New Rush 2018 Manual (M/T) dan Automatic (A/T)

March 10, 2019 0 By Faali Muhammad

indocean.id – Bagi kamu yang baru pertama kali mencoba Toyota All New Rush 2018 dan masih asing dengan sistem Push Button Start Engine pada mobil mungkin agak kesulitan pada saat menyalakan tipe mobil ini pada pengalaman pertama.

Pengalaman pertama saya, ketika harus menggunakan mobil ini karena suatu keperluan.

Pada saat bertanya ke orang lain yang pernah menggunakan mobil ini, semua cara yang diajarkan tidak masuk di akal saya. Yang menurut saya, apa yang mereka beri tahu hanya berdasarkan pemikiran mereka masing-masing.

Pada saat orang yang memberi tahu saya caranya menyalakannya, secara tidak sengaja mereka melakukan cara yang sebenarnya dan akhirnya mobilnya menyala. Tetap saja cara yang mereka beritahu tetap tidak sesuai logika saya.

Engine Start Button Toyota New Rush 2018

Cara Yang Salah

Sebagai contoh, si A mengatakan untuk menghidupkan sistem Push Button Start Engine ini harus keluar dari mobil dahulu. Kemudian masuk dan langsung dihidupkan.

Pada saat si A yang memberitahu saya tips ini melakukannya, mobilnya menyala. Hal ini terjadi menurut saya adalah si A tidak sengaja melakukannya dengan cara yang benar.

Dengan ilmu yang terbatas, pada saat mengendarai mobil ini saya mencoba hal yang sama dan mobilnya kebetulan hidup. Akhirnya setiap kali mobilnya tidak menyala, teman saya si B yg ikut pergi menyarankan untuk keluar mobil dan masuk lagi setiap mau menyalakan mobil.

Si B bahkan sampai berpikir ada sensor syaraf atau sejenisnya sehingga mengharuskan pengendara keluar dari mobil dahulu jika ingin menyalakan.

Pada akhirnya ada ketika setelah berulang kali keluar-masuk mobil ini, si mobil tidak bisa menyala.

Saya sendiri juga sudah memikirkan bahwa cara itu tidak mungkin benar, ya kali harus keluar masuk mobil setiap kali mesin mobilnya mati.

Teman saya yang lain, si C juga menceritakan dahulu ketika mesin mobil ini mati di tengah jalan. Karena tidak tahu cara menyalakannya akhirnya menimbulkan kemacetan.

Dan yang terjadi jalanan penuh suara klakson oleh mobil-mobil di belakang.

Jadi menurut saya tidak mungkin harus keluar mobil dahulu setiap mesin mobilnya mati, ribetnya si pengendara apabila setiap mesin mobilnya mati harus keluar mobil dulu untuk menyalakannya.

Cara Yang Benar

Seiring memikirkan prosedur apa yang paling masuk akal. Telah mencari-cari di internetpun tidak ada yang membahas cara start engine toyota all new rush ini. Di artikel maupun di youtube.

Akhirnya mencari info dengan semua teman yang ada di kontak.

Ada satu teman yang menjawab dengan jawaban paling masuk akal dan benar

Jadi, caranya adalah untuk Toyota All New Rush dengan transmitter manual, kopling dan start engine nya ditekan berbarengan sekaligus (kopling ditekan sedalam-dalamnya dan ditahan), sedangkan untuk transmitter automatic, rem dan start engine nya ditekan berbarengan sekaligus (rem ditekan sedalam-dalamnya dan ditahan).

Prosedur tersebut juga merupakan salah satu safety untuk mobil dengan sistem start-stop engine button.

Kalimat di atas saya bold karena mungkin ada kalian yang sedang terdesak dan terburu-buru di jalan sehingga harus segera menyalakan mobil satu ini 😁

Oke sekian tips dari saya kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian semua.