Cara Memulai Lari, Ikut Running Event, Tips Membuat Lari Menyenangkan

Cara Memulai Lari, Ikut Running Event, Tips Membuat Lari Menyenangkan

May 17, 2020 0 By Faali Muhammad

IndOcean.id – Tips Lari.

Halo guys. Membahas tentang hobi, ada banyak hobi yang bisa dilakukan. Tapi lebih enak lagi kalau hobi Kita itu bermanfaat buat Kita, seperti menghasilkan uang atau menghasilkan tubuh yang sehat. Salah satu hobi yang menghasilkan tubuh yang sehat, yaitu lari (running). Selain simpel olahraga ini juga ga membutuhkan peralatan yang ribet dan tempat yang khusus.

Jadi di tulisan kali ini Saya akan membahas tentang running. Saya sendiri tidak berlari secara rutin, tetapi menyempatkan diri untuk dapat berlari di pagi hari sebelum kerja atau di sore hari setelah kesibukan bekerja, tergantung pada kesenggangan waktu dan kondisi tubuh. Jika malam sebelumnya Saya tidur lebih cepat biasanya di paginya akan lebih enak untuk berolahraga karena kondisi badan lebih fit.

Victim Mentality

Dulu Saya sendiri menganggap lari itu membosankan, menyebabkan kelelahan, ditambah memikirkan kenapa Saya bisa begitu mudah kelelahan, tidak bisa seperti orang lain yang bisa terus fokus untuk berlari.

Alasan-alasan inilah yang membuat victim mentality Saya muncul, berpikir bahwa Saya hanya pegawai kantoran dan membandingkan diri Saya dengan orang lain seperti tentara, polisi, ataupun atlit. Padahal mereka semua awalnya juga sama, dengan motivasi masing-masing yang mendorong untuk terus bisa berlari secara konstan.

Mungkin salah satu cerita dari senior saya dapat menjadi motivasi. Senior Saya adalah seorang atlit lari, sejak awal dia tidak berencana untuk menjadi seorang atlit lari, Dia hanya menyukai lari, terus rutin berlari untuk menjaga kebugaran. Suatu hari ada seorang pelatih lari professional yang terus melihat konsistensinya dalam berlari, kemudian pelatih ini memanggil senior Saya dan mengajaknya bergabung untuk ikut berlatih bersama.

So, jadi ini bukan tentang bagaimana hasil yang akan didapatkan nanti, tetapi apa yang akan didapatkan saat ini. Apalagi berolahraga itu menghasilkan hormon endorfin yang dapat membuat bahagia.

Jadi disini saya ingin membagikan cerita Saya ketika memulai lari dan membuat berlari menjadi suatu hobi yang menyenangkan bagi Saya. Check it out guys.

Tips Lari: Ikutlah Event!

Jadi tips yang dapat membuat lari itu menyenangkan adalah event. Kenapa event lari dapat membuat lari kita lebih menyenangkan? Karena ada apresiasi dari pihak penyelenggara seperti medali finisher, jersey finisher, ataupun hadiah lainnya. Dan yang terpenting adalah apresiasi dari diri kita sendiri bahwa badan kita mampu menyelesaikan target jarak dan waktu tempuh yang ditentukan oleh penyelenggara.

Mengikuti event lari tidak berdasarkan seberapa jauh kategori jarak yang kita ikuti. Kategori yang kita ikuti menyesuaikan dengan kemampuan kita sendiri. Cukup dimulai dari kategori 5K, kemudian kepuasan dari diri kita akan membuat target kita naik menjadi 10k dst yang akan membuat tubuh kita lebih gigih untuk berlatih.

Batas kemampuan kita saat ini dapat dilihat dari latihan lari kita sehari-hari. Dari jarak yang biasa kita tempuh kemudian dari nilai average pace nya sehingga kita mengetahui bahwa kita cukup mampu untuk mengikuti event dengan kategori tersebut.

Event Pertama

Event pertama adalah yang paling sulit menurut saya, berdasar dari pengalaman saya, event lari pertama saya adalah kategori 10K. Di saat latihan, saya cukup percaya diri berlari di jarak 10K dengan kecepatan konstan dengan istirahat 1x di jarak 5K, bahkan itu ditambah sprint di 100m akhir menjelang istirahat, dan saya dengan satu orang teman saya berhasil menyelesaikan latihan lebih awal dibanding yang lainnya.

Cerita ini yang membuat saya sangat percaya diri pada saat event pertama bahwa saya akan menyelesaikan event ini sebaik latihan saya. Saya memulai start dengan menggebu-gebu dan melupakan average pace saya. Hingga memasuki jarak 3K kecepatan saya semakin melambat, disusul oleh orang-orang di belakang saya dan Saya merasa sangat lelah hingga harus berjalan.

Average Pace

Disini saya kemudian mengingat kembali pesan-pesan senior saya mengenai event pertama, saya melupakan average pace saya, membuat diri saya berlomba-lomba dengan orang lain yang sudah berpengalaman, berlatih keras, dan mempunyai average pace lebih baik dari Saya. Kemudian saya mengingat bahwa berlari itu bukan berlomba dengan orang lain, tetapi dengan diri sendiri. Lalu saya tidak menghiraukan sekeliling, tidak memikirkan orang-orang yang mendahului saya.

Di 6K terakhir, saya dapat berlari dengan konstan, beristirahat sesuai kemampuan saya, dan saya dapat menemukan kesenangan ketika berlari. Tidak memikirkan untuk mendahului orang lain dan merasa Saya tidak perlu berhenti untuk beristirahat karena Saya sedang melakukan hal yang tidak membuat Saya kelelahan sehingga harus beristirahat.

Banyak Orang Juga Baru Memulai Seperti Kita

Jadi untuk teman-teman, untuk tips memulai lari, ikutilah event lari. Jangan rendah diri karena banyak yang memulai sama seperti Kita. Dan banyak juga yang seperti Kita yang baru mencoba untuk mengikuti event. Karena, kecanduan untuk terus mencapai target nantinya tidak akan didapatkan tanpa mencoba yang pertama.

Event itu seperti apresiasi nyata bahwa kita mampu berlari dengan jarak dan waktu seperti itu. Apabila event yang akan diikuti adalah tiga bulan lagi, rutinlah berlari sesuai dengan kategori yang akan kita ikuti. Berlari normal di weekday untuk menjaga kebugaran, dan berlari di weekend dengan maksimal sesuai kategori yang akan diikuti agar tubuh kita terbiasa dengan jarak dan waktu tersebut.

Akan ada suatu kebanggaan ke diri Kita sendiri atas usaha yang telah Kita lakukan ketika Kita mencapai garis finish.

Menghasilkan Hormon Kebahagiaan

Tips lari dengan bahagia seperti anak-anak

Tips memulai lari berikutnya ini, yaitu efek positif dari lari itu sendiri. Hormon endorfin atau yang disebut juga sebagai hormon kebahagiaan akan dihasilkan badan Kita seketika setelah Kita berolahraga dan berkeringat. Mungkin kedengarannya aneh ya, tetapi hal tersebut adalah fakta ilmiah.

Apabila endorfin meningkat, maka Kita akan menjadi lebih tenang. Tingkat stres dan rasa sakitpun berkurang. Bahkan nafsu makanpun akan bertambah, tapi tenang aja, karena rasa candu akan berolahraga laginya lebih besar dibanding peningkatan nafsu makannya. Jadi jangan malah takut karena olahraga malah jadi makan banyak dan jadi gemuk, haha.

Selain hal di atas juga tingkat depresi bisa semakin menjadi berkurang. Bandingkan saja dalam satu atau dua bulan, dua orang dengan orang pertama yang selalu rutin berolahraga dan orang kedua yang sama sekali tidak pernah berolahraga maka kondisi kehidupannya dan kepribadiannya pasti akan memiliki perbedaan.

Olahraga juga mampu mengatasi perasaan gelisah, kualitas tidur meningkat, dan juga kepercayaan diri meningkat. Tentu ya kalau misal Kita rutin olahraga tu serasa Kita tu punya badan yang sehat banget.


So, jadi itu aja yang bisa Saya ceritakan mengenai tips untuk memulai olahraga yang dalam hal ini adalah running dan cara untuk menikmatinya. Untuk event lari sendiri sangat mudah untuk Kamu cari jadwalnya, seperti di kalenderlari.com, ayolari.in, dan masih banyak lagi.

Jangan lupa cek post lainnya dan tetap berolahraga agar tetap sehat dan menjalani hidup dengan percaya diri. See ya…