Mengatur Tampilan Menu Dock di Mac, Review System Preferences

Mengatur Tampilan Menu Dock di Mac, Review System Preferences

March 15, 2020 0 By Faali Muhammad

Halo Guys. Sebagai user baru yang beralih dari windows, ada banyak hal dan pengaturan di Mac yang sebenarnya bisa membuat Kita lebih nyaman ketika menggunakannya. Salah satu hal yang baru ketika beralih ke Mac adalah tampilan menu Dock di bagian bawah.

Dock sendiri adalah tampilan aplikasi yang secara default ada di bagian bawah layar Mac Kita. Jadi di post kali ini Saya akan berbagi tips untuk mengatur tampilan Dock agar lebih enak dilihat sesuai selera Kita.

Ada banyak pengaturan di System Preferences yang bisa Kita atur. Nah Kita kulik satu-satu dimulai dari Dock, check it out.

Mengatur Tampilan Dock

Pertama klik logo Apple di sudut kiri atas pada menu bar dan pilih System Preferences…

Mengatur Tampilan Dock

Setelah tab System Preferences terbuka, pilih menu Dock. Nah dari sini akan Kita bahas satu-persatu.

Size

Mengatur Tampilan Dock

Nah yang pertama dari Size. Ukuran dari aplikasi yang terdapat di Dock akan berubah kalau Kita geser scalenya. Tinggal dipilih sesuai dengan kenyamanan Kita ketika melihat layar mac Kita.

Magnification

Mengatur Tampilan Dock

Pada bagian magnification, apalagi opsi ini Kita pilih maka icon aplikasi yang berada di Dock akan memiliki animasi akan membesar ketika cursor Kita arahkan ke icon aplikasi tersebut.

Ukuran animasi ini dapat diatur dengan merubah skala size yang berada di baris magnification pada pengaturan Dock tersebut.

Position on screen

Mengatur Tampilan Dock

Untuk opsi satu ini kayaknya sudah cukup jelas ya. Kita bisa memilih posisi Dock pada layar Mac Kita, di sebelah kiri, bawah, ataupun kanan.

Minimize windows using: Genie Effect? Scale Effect?

Mengatur Tampilan Dock

Nah opsi berikutnya adalah pilihan efek ketika meminimize window yang sedang terbuka. Genie effect itu kayak animasi Jin Aladin pas masuk ke teko ajaib. Kalau scale effect itu windownya langsung otomatis mengecil aja kayak biasanya.

Prefer tab when opening documents

Mengatur Tampilan Dock

Nah pilihan ini fungsinya ketika Kita membuka file dengan format yang sama dengan window yang sedang terbuka. Kalau Kita memilih Always, file yang Kita buka akan tergabung dengan satu window yang sudah terbuka sebagai tambahan tab baru.

Tapi kalau Kita memilih Manually, maka file yang Kita buka akan terbuka di window yang terpisah.

Double-click a window’s title bar

Mengatur Tampilan Dock

Untuk pengaturan ini, Kita memilih opsi aksi yang akan terjadi ketika Kita mengklik dua kali pada lokasi panah merah seperti di gambar. Opsi aksi yang terjadi itu antara meminimize window tersebut atau membuat ukuran windownya menjadi full selayar.

Opsi ini bisa Kamu coba sendiri dan memilih sesuai dengan yang Kamu inginkan.

Minimize windows into application icon

Mengatur Tampilan Dock

Kalau opsi kali ini Kita centang, maka ketika windows suatu aplikasi Kita minimize maka minimizenya akan masuk ke icon aplikasinya. Tetapi jika opsi ini tidak Kita centang maka aksi minimizenya akan masuk ke icon baru di bagian kanan Dock seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

Animate opening applications.
Nah berikutnya tanpa gambar nih, karena gede banget kalau setiap pengaturan pakai gambar. Untuk yang berikutnya bisa langsung dilihat efek yang dimunculkan dari pengaturan yang Kita buat.

Apabila opsi Animate opening applications Kita centang, pada saat membuka dan mengklik icon aplikasi di Dock, akan terjadi animasi pada icon aplikasi tersebut. Bisa Kamu coba langsung nih.

Automatically hide and show the Dock.
Untuk yang ini udah jelas dari namanya ya. Jadi kalau opsi ini Kita pilih maka menu Dock akan terhidden dan akan muncul kembali ketika kursor diarahkan ke bagian Dock.

Show indicators for open applications.
Opsi berikut ini adalah opsi untuk memunculkan indikator titik di bawah icon aplikasi pada Dock. Indikator akan muncul ketika aplikasi tersebut telah dibuka sebelumnya. Kalau opsi ini dihilangkan maka indikator tersebut tidak akan muncul.

Biasanya opsi ini pasti Kita munculkan sih, untuk tau aplikasi apa yang sedang Kita buka.

Show recent applications in Dock.
Opsi terakhir ini untuk memunculkan icon aplikasi yang sebelumnya pernah Kita buka dan tidak Kita pin secara otomatis di Dock Kita.


Nah, jadi itu udah semua pengaturan Dock yang ada di System Preferences Mac. Sekian post kali ini. Jika ada yang kurang atau salah dapat Kamu komen di bawah. Jangan lupa cek artikel lainnya dan see ya…