Kenapa Suara Video yang Dimasukkan ke iMovie Tidak Keluar

Kenapa Suara Video yang Dimasukkan ke iMovie Tidak Keluar

March 8, 2020 0 By Faali Muhammad

Sebagai seorang amatir dalam mengedit video, pertama kali Aku mencoba mengedit video menggunakan iMovie, tidak ada kendala apapun yang terjadi. Videonya, audionya, textnya, dan hal lainnya berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Nah, percobaan kedua di keesokan harinya, video yang akan Aku edit tidak mengeluarkan suara ketika diimport ke iMovie. Biasanya hal yang paling sulit ketika akan memulai belajar sesuatu adalah ketika awalnya ga berjalan sesuai harapan kemudian ga menemukan jalan keluar hingga seketika menyerah untuk belajar.

Solusinya yah ke mbah Google. Searching dengan berbagai kata kunci sampai ketemu website yang ada artikel tentang tips atau tutorial yang bisa memberikan solusi.

Ternyata, sesuatu yang benar-benar basic tuh biasanya ga ada ditulis oleh orang, apalagi oleh para Expert di aplikasi masing-masing. Ya yang kayak gitu sepertinya ga perlu dibuat tutorial karena dianggap suatu hal yang basic yang orang-orang udah pasti tau. Sesuatu yang ga kepikiran itu biasanya ditemukan oleh para pemula yang belajarnya otodidak.

Setelah mencoba salah satu saran yaitu dengan menginstal ulang aplikasi iMovienya kemudian mencoba saran lainnya dari semua artikel yang Kubaca yang juga tidak membuahkan hasil, akhirnya semua Ku otak-atik sendiri.

Solusi yang Kutemukan sendiri dan membuahkan hasil adalah dengan merubah format videonya ke MOV. Simpel banget kan.

Ya, walaupun sebenarnya iMovie mampu mengenal hampir semua jenis format video dan juga kejadianku di atas mungkin karena ada faktor lain atau kebetulan saja, tetapi cara di atas patut dicoba jika cara lain tidak membuahkan hasil.

Salah satu alasan yang Ku buat-buat juga adalah karena MOV sendiri adalah jenis format yang dikembangkan oleh Apple, maka satu kesatuan dengan iMovie sebagai ekosistem Apple. Karena termasuk dalam satu ekosistem tentu akan paling mengerti satu sama lain ya kan.

Cara mengganti format ini sendiri sangat gampang. Tinggal mengkonversi format video yang ada menjadi MOV. Atau cara yang Aku coba adalah cukup dengan mengganti tiga huruf terakhir di nama file (setelah titik) menjadi MOV.

Jadi itu saja tips kali ini. Apabila Kamu menemui masalah yang sama ga ada salahnya untuk Kamu coba. Semoga cara ini dapat menjadi solusi buat Kamu yang sedang belajar. So Jangan lupa cek artikel dan tips-tips lainnya dan tetap lakukan yang terbaik setiap harinya.