Tips Marketing Instagram, 3 Langkah Menentukan Niche Instagram Kamu

Tips Marketing Instagram, 3 Langkah Menentukan Niche Instagram Kamu

April 29, 2020 0 By Faali Muhammad

Di post kali ini, Saya akan sharing kepada teman-teman sekalian tentang langkah-langkah untuk menentukan niche instagram yang tepat untuk akun instagram Kita. Baik untuk berjualan, membangun audiens/komunitas, ataupun untuk menyebarkan hal positif lainnya sebagai influencer.

Jika Kamu belum tau apa itu niche bisa Kamu baca disini ya, biar Kita bisa lanjut.

Ok, apabila Kamu udah tau apa itu niche dan sudah memiliki akun instagram, coba Kamu perhatikan lagi apa sebenarnya niche instagram Kamu. Apakah antara niche Kita dan konten yang Kita upload telah sesuai. Karena apabila tidak sesuai maka audiens Kita akan menjadi tidak tepat sasaran.

Yang perlu Kamu ingat, olshop, review, selebgram, ataupun influencer dan lainnya bukanlah sebuah niche. Ini hanyalah kategori profil instagram Kita. Jika ingin tau kategori ini terdiri dari apa aja, bisa kamu lihat di akun instagram yang akun bisnis atau akun creator (akun personal ga punya kategori).

Jika masih bingung mari lihat langkah-langkah di bawah ini…

Menjadi Spesialis Bukan Generalis

Generalis itu yang seperti apa?

Contoh generalis adalah seperti gadget, kosmetik, kesehatan, kosmetik, fotografi, dan motivasi.

Jika dikaitkan dengan kategori akun, hubungan kategori-niche generalis jadi seperti ini:
Olshop: gadget, kosmetik.
Review: gadget, kosmetik.
Selebgram: fotografi, kosmetik.
Influencer: kesehatan, motivasi.

Hubungan di atas untuk membedakan antara kategori dan niche.

Tetapi niche di atas masih merupakan niche generalis.

Kenapa?

Karena masih terlalu umum. Misalkan gadget, masih luas sekali pembahasannya. Bisa smartphone, smart watch, laptop, PC, dll. Atau misalkan kosmetik, bisa lipstik, bedak, dan lainnya.

Tips marketing jualan olshop di instagram dengan menentukan niche instagram

Tentukan Niche Kamu

Setelah Kamu tau perbedaan spesialis dan generalis di atas.

Kamu tentukan niche generalis intagram Kamu apa.

Misal Gadget.

Terus spesialisnya adalah laptop.

Misal Kosmetik, spesialisnya lipstik.

Terus misalkan Kesehatan, spesialisnya adalah gaya hidup di usia remaja, fitness, atau masakan sehat.

Tentukan sub-Niche

Nah setelah Kamu tau niche dari konten instagram Kamu. Selanjutnya adalah menentukan sub-niche nya. Untuk sub-niche sendiri tidak harus Kamu tentukan dan terpaku disini. Tetapi jika ingin marketing yang lebih spesifik dan tepat sasaran kepada audiens, maka menentukan sub-niche adalah pilihan tepat.

Apalagi apabila Kamu baru membuat akunmu dan harus bersaing dengan akun yang telah besar di pasar yang sama, maka membuat sub-niche dapat membuat niche Kamu bisa tetap bersaing meskipun masih baru.

Contoh sub-niche dari niche laptop adalah laptop gaming, laptop kerja, laptop kerja, dan lainnya.

Tentukan Audiensi Niche Kamu

Nah terakhir setelah Kamu menentukan sub-niche kamu, maka audiens adalah target selanjutnya. Kamu harus konsisten dalam membuat konten yang sesuai dengan niche Kamu. Apabila Kamu membuat konten dengan niche laptop, maka buatlah konten yang sesuai niche tersebut.

Misalkan review, tips, atau informasi yang berhubungan dengan niche tersebut.

Bagaimana mengarahkan ke audiens yang benar-benar spesifik.

Jadi semisal Kamu akan menjual laptop, sub-niche nya adalah laptop gaming, audiens seperti apa yang akan membeli laptop gaming? Pelajar, mahasiswa, gamer profesional, karyawan?

Nah disini Kamu pecah lagi, misal untuk pelajar otomatis Kamu bisa membuat sub-niche nya adalah laptop gaming budget. Jadi pasar yang ditargetkan adalah pelajar atau mahasiswa, atau bisa juga karyawan yang mempunyai budget terbatas tetapi mempunyai hobi bermain game.

Maka buat konten seputar laptop gaming budget, review mengenai laptop gaming budget, tips merawat laptop gaming budget, atau informasi terbaru mengenai laptop gaming budget generasi terbaru, dan lainnya.


Jadi itulah cara menentukan niche instagram agar akun instagram Kita dapat berkembang dengan cepat dan audiens yang terbentuk menjadi tepat sasaran.

Apabila ada informasi yang belum masuk dari langkah-langkah di atas coba Kamu komen di bawah, agar yang lain juga dapet ilmunya.

Jangan lupa cek artikel informatif lainnya di IndOcean.id dan see yaa…