Apa itu Niche? Menentukan Niche Instagram untuk Jualan

Apa itu Niche? Menentukan Niche Instagram untuk Jualan

April 22, 2020 0 By Faali Muhammad

Apa itu niche?

Mungkin semua dari Kita sudah sering mendengar kata ini. Terutama untuk orang-orang yang bergelut di dunia digital marketing.

Jadi niche sendiri dapat diartikan sebagai suatu kata spesifik yang menjadi target pasar atau target marketing dari suatu produk atau suatu jasa yang Kita tawarkan kepada konsumen.

Apakah masih bingung tentang apa itu niche?
Jika masih bingung, coba kita bayangkan apa yang dimaksud dengan kata spesifik.

Lebih gampangnya langsung saja ke produk atau jasa yang sedang atau akan kamu jual. Misalkan laptop, lipstik, atau kalau untuk jasa, yaitu jasa fotografer.

Dari Ketiga contoh di atas, Kamu sedang atau akan menjual produk dan jasa tersebut, berarti niche Kamu adalah laptop, lipstrik, atau jasa fotografer.

Dari sini Kamu akan mengetahui target pasar Kamu. Kalau misal niche nya laptop, berarti yang menjadi incaran adalah pelajar, anak kuliah, pekerja yang menggunakan laptop, atau orang tua yang memiliki anak yang sedang bersekolah atau berkuliah.

Loh Kak itu masih banyak banget target niche-nya, malah jadi bingung.

Nah disini tinggal Kamu spesifikin lagi, laptop apa yang Kamu jual. Laptop gaming? berarti target Kamu adalah Gamer Professional, komunitas game, anak sekolah atau anak kuliah terutama yang anak cowok, atau karyawan pria.

Niche Budget Gaming Laptop
Masih belum spesifik lagi?

Bisa Kamu tambahin Laptop Gaming Budget. Nah nichenya udah OK banget nih. Udah kebayang jadi siapa targetnya kan.

Niche Lisptik

Terus misal niche-nya lipstik. Yang pasti targetnya cewek kan ya. Bisa aja targetnya Cowok, mungkin mereka yang ingin membelikan keluarganya lipstik, mungkin istrinya, saudaranya, atau temennya.

Tapi target marketing kayak gini cuma ngabisin waktu, hanya berapa persen dari pria yang akan membelikan lipstik sendiri sebagai hadiah. Karena ga seperti cewek yang mungkin setiap bulan akan terus membelinya.

Niche Jasa Fotografer

Masuk ke niche fotografer. Targetnya yang paling umum kayak di acara wisudawan, atau selebgram, atau model, wedding, event, dan lainnya. Jadi Kamu bisa masuk untuk menawarkan ke kalangan mahasiswa/i tingkat akhir, atau selebgram yang punya feed instagram aesthetic, atau komunitas-komunitas fotografi lainnya.


Jadi itulah yang dimaksud dengan niche dan contoh-contohnya. Semoga dari penjabaran di atas Kamu bisa memiliki bayangan sebuah niche untuk olshop atau bisnis Kamu sendiri.

Sampai disini dulu post kali ini. Jangan lupa cek artikel lainnya di IndOcean.id and see yaa…