Rapat Efektif dan Efisien: 3 Prinsip Rapat di Amazon ala Jeff Bezos

Rapat Efektif dan Efisien: 3 Prinsip Rapat di Amazon ala Jeff Bezos

November 29, 2020 0 By Faali Muhammad

Halo gengs, di post indocean.id kali ini aku akan membahas prinsip rapat efektif dan efisien yang ada di perusahaan Amazon ala Jeff Bezos. Buat kamu yang belum tahu apa itu Amazon, Amazon adalah perusahaan pasar online seperti tokopedia, shopee, bukalapak, dll. Amazon awalnya hanya menjual buku dan di kemudian hari juga menjual barang-barang yang lainnya. Kindle, cloud, appstore juga merupakan di antara produk dari Amazon. Kalau kamu belum pernah tau tentang Amazon, cek disini deh.

Jeff Bezos sendiri merupakan Pendiri dan CEO dari Amazon. Sejak 2018, Jeff Bezos dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia setelah melampau kekayaan Bill Gates.

Tentu dengan kepemimpinan dari Jeff Bezos sejak mendirikan Amazon sampai sukses hingga sekarang dapat menjadi inpirasi bahkan dapat kita contoh di perusahaan tempat kita bekerja atau kelompok dan komunitas kita, di antaranya adalah sistem rapatnya.

Lalu apa saja prinsip rapat tersebut? Langsung saja check it out!

Prinsip efektif dan efisien: “Two Pizza” Team

Dua porsi pizza, kira-kira bisa dimakan oleh berapa orang ya. Pizzanya yang small, medium, atau large? Hahaha. Ribet ya. Kita ambil yang paling besar deh.

Tips dan cara rapat di Amazon.com oleh Jeff Bezos

Kami berusaha membuat tim yang tidak lebih banyak daripada jumlah orang yang mampu menghabiskan dua porsi pizza.

Jeff Bezos

Untuk jumlahnya kamu bisa memperkirakan deh kira-kira berapa orang. Tapi intinya adalah membangun tim dengan jumlah orang yang tidak terlampau banyak. Dengan menerapkan hal tersebut, sebuah rapat atau proyek mendapat sudut pandang dan ide-ide dengan lebih seimbang. Semua orang dapat menyampaikan ide dan pemikirannya.

Tim yang lebih ramping dapat membuat segala pergerakan dan progress relatif lebih cepat. Anggota yang lebih sedikit lebih mudah untuk diatur karena fokus yang dibutuhkan ketua tim lebih baik.

Tanpa Power Point

Tips presentasi efektif dan efisien

Dibanding presentasi menggunakan power point setiap rapat untuk menyampaikan topik dan pembahasan, di Amazon, Jeff Bezos menerapkan rapat dengan sistem berikut:

1. Mempersiapkan catatan yang sudah disusun sebelum rapat dimulai.
2. Catatan ini berisi 6 halaman narasi tentang apa yang akan dibahas.
  • Kenapa narasi? Bukan berupa poin-poin? Karena tujuan dari catatan tersebut adalah menyampaikan tujuan pembahasan rapat dengan cara menceritakannya. Jadi anggota rapat yang membaca catatan tersebut mengerti secara keseluruhan latar belakang hal yang akan dibahas.
  • Otak lebih mudah mencerna cerita naratif dibanding data-data mentah yang disampaikan.
3. Pemilik catatan yang dalam hal ini adalah sebagai penyampai ide dan topik pembahasan dapat menyampaikan latar belakang dan cerita dari topik yang akan dibahas di dalam rapat. Rapat akan lebih efisien dari segi waktu dan to the point.

Dimulai Dengan Tenang

Dari catatan yang diberikan sebelumnya kepada setiap peserta rapat, peserta rapat akan membacanya dengan tenang dalam waktu maksimal 30 menit.

Cara rapat yang efektif dan efisien

Pada saat membaca cerita naratif, otak akan mencerna sekaligus memunculkan gagasan-gagasan dan ide yang berhubungan dengan narasi yang dibaca.

Setelah proses tersebut. Diskusi dapat dimulai dengan masing-masing peserta sudah siap, mengerti akan topik yang akan dibahas, dan telah mempunyai pandangan dan gagasan masing-masing untuk dapat disampaikan.


Itulah tiga prinsip rapat yang efektif dan efisien yang diterapkan Jeff Bezos di Amazon. Setiap perusahaan mungkin memiliki budaya dan caranya masing-masing. Untuk kamu yang baru memulai bisnismu sendiri, atau telah memimpin timmu sendiri. Kamu bisa nih menerapkan prinsip-prinsip dari perusahaan Amazon tersebut.

So, sekian artikel kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Jangan lupa dilike dan dishare ke temen-temen kamu ya. Jangan lupa cek artikel lainnya di IndOcean.id dan see yaa…