Jenis Program Rekrutmen Pegawai, Fresh Graduate Pilih Yang Mana?

Jenis Program Rekrutmen Pegawai, Fresh Graduate Pilih Yang Mana?

May 24, 2020 0 By Faali Muhammad

Program rekrutmen pegawai yang diadakan oleh perusahaan saat ini bermacam-macam jenisnya, seperti Management Trainee (MT), Officer Development Program (ODP), Spesialis/Pro-Hire, Internship/Magang, Staff, dan lainnya.

Hal-hal tersebut yang sering Kita dengar dari pengumuman penerimaan pegawai dari suatu perusahaan. Jadi yang mana yang sebenarnya harus Kita pilih dari banyaknya jenis program dan posisi yang ditawarkan tersebut.

Beberapa hal yang menjadi perbedaan dari jenis-jenis posisi dan program tersebut antara lain adalah jabatan yang akan diterima, pelatihan kompetensi yang didapat, gaji pokok dan tunjangan, dan penempatan lokasi kerja.

1. PROGRAM MANAGEMENT TRAINEE (MT) dan OFFICER DEVELOPMENT PROGRAM (ODP)

Dari kedua nama di atas, sebenarnya keduanya merupakan program yang kurang lebih sama, hanya perbedaan di penyebutan dan sistem di masing-masing perusahaan yang menjalankan. MT ataupun ODP merupakan program yang dibuat oleh perusahaan untuk membentuk suatu generasi secara khusus, berkesinambungan, dan jangka panjang.

Program ini biasanya dilakukan oleh perusahaan yang telah memiliki bisnis secara besar, minimal nasional. Karena program ini dibuat untuk jangka panjang dan dengan skala besar.

Secara umum dibentuk untuk mempelajari porsi leadership skill lebih besar dibanding technical skill. Dibentuk agar ke depannya dapat memimpin, mengkoordinir, dan menjadi regenerasi perusahaan. Karena, sehebat apapun para pemimpin di perusahaan, perusahaan tidak akan bisa mempertahankan kinerja apabila tidak ada calon-calon pemimpin sepadan yang bisa melanjutkan perusahaan.

Pelatihan Kompetensi Program Rekrutmen Pegawai MT dan ODP

Dari segi pelatihan kompetensi, program MT atau ODP lebih difokuskan pada pelatihan seputaran leadership, cara berkomunikasi, memimpin kelompok, mengelola sumber daya, berpenampilan, dll.

Kesempatan untuk dapat mengerjakan technical skill lebih kecil, tapi tetap ada kesempatan untuk mengerjakan pekerjaan operasional secara langsung. Semua kembali ke perusahaannya, ada juga yang diberikan pekerjaan lapangan di awal sebagai modal untuk mengetahui kondisi dan situasi di lapangan ketika telah memimpin dan harus membuat keputusan nantinya.

Gaji – MT dan ODP

dari segi gaji sendiri, Saya katakan ini benar-benar berbeda, tergantung perusahaannya, tergantung persepsi orangnya juga terhadap nilai uangnya.

Untuk gaji sendiri, karena program ini akan menempati posisi yang relatif tinggi, maka gajinya sendiri relatif lebih besar dibanding staff lapangan.

Di awal mulai kerja mungkin akan ada ketimpangan gaji yang didapat. Tetapi, yang menjadi catatan adalah bahwa program ini akan minim untuk mendapatkan uang tambahan dari perjalanan lapangan. Karena tugasnya adalah memonitor dan mengelola dalam sudut pandang yang lebih besar.

Penempatan Lokasi Kerja – MT dan ODP

biasanya program ini rentan dipindah-pindahkan sesuai kebutuhan perusahaan. untuk poin ini dapat dilihat di kesepakatan kerja pada kontrak kerja. Biasanya tertulis “siap ditempatkan dimana saja di wilayah kerja perusahaan”.

Untung-untung jika perusahaan mempunyai kebijakan untuk dapat pindah ke lokasi asal, sesuai KTP, atau yang diinginkan.

2. PROGRAM INTERNSHIP / MAGANG

Untuk program internship/magang ini dibagi lagi menjadi magang untuk program sekolah/perkuliahan dan untuk fresh graduate.

Program magang untuk anak sekolah/kuliah itu biasanya yang dipersyaratkan oleh sekolah atau perkuliahan masing-masing, tergantung jurusan dan kebijakan di perusahaan dimana mereka akan magang.

Pelatihan/Kompetensi Program Rekrutmen Pegawai INTERNSHIP / MAGANG

Untuk pelatihan/kompetensi sendiri karena merupakan program magang jadi pengalaman itulah sebagai pelatihan dan peningkatan kompetensi. Jika ada kesempatan untuk mengikuti pelatihan, semisal pelatihan internal mungkin bisa Kalian ikuti.

Secara umum program magang/internship merupakan program jangka pendek. Sehingga orang yang bersangkutan tidak disiapkan untuk bekerja di perusahaan dalam jangka panjang. Jadi kesempatan untuk bisa ikut pelatihan minim banget.

Gaji – INTERNSHIP / MAGANG

Untuk gaji sendiri juga bermacam-macam. Jika internship tersebut untuk fresh graduate, seharusnya ada diberikan insentif sesuai dengan beban kerjanya. Jika magang untuk anak kuliah ataupun anak sekolah, kemungkinan yang didapatkan berbeda-beda tergantung dari kebijakan perusahaan.

Sebagai catatan, ada fasilitas-fasilitas lain yang mungkin bisa Kita dapatkan dari perusahaan sebagai anak magang. Misal makan siang. Karena salah satunya untuk memudahkan anak-anak magang untuk makan siang sehingga tidak perlu mencari dan membeli di luar.

Penempatan Lokasi Kerja – INTERNSHIP / MAGANG

Penempatan lokasi kerja biasanya telah sesuai dengan yang dijelaskan ketika mendaftar. Jadi semisal dalam instruksi sebelum internship “akan ditempatkan di bagian keuangan Kantor Cabang A”, maka akan di bagian keuangan di kota A tersebut.

Yang menjadi catatan paling adalah job desc nya. Karena bisa tidak terduga. Bisa benar-benar sibuk atau benar-benar lowong. Menjadi catatan apabila Kalian ingin mengikuti internship sebagai fresh graduate untuk mendapatkan pengalaman kerja. Karena di CV kita nantinya pengalamannya sebagai “internship selama … tahun di perusahaan A” bukan “pengalaman bekerja di posisi … selama … tahun di perusahaan A.”

3. PROGRAM SPESIALIS / PRO-HIRE

Untuk posisi yang satu ini, Kita harus mempunyai pengalaman dan sertifikasi kompetensi tertentu sesuai dengan yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan. Misal “pengalaman kerja di posisi … selama … tahun.” atau “memiliki sertifikasi kompetensi…”

Pelatihan/Kompetensi Program Rekrutmen Pegawai SPESIALIS / PRO-HIRE

Untuk yang satu ini, di posisi ini, kemungkinan kecil untuk mendapatkan hal tersebut. Dikarenakan tenaga spesialis/pro-hire dibutuhkan untuk mengerjakan suatu bagian di proyek tertentu. Jadi karena sudah punya pengalaman maka setelah direkrut akan bekerja sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Gaji – SPESIALIS / PRO-HIRE

Untuk gaji sendiri, tentu nilainya akan lebih besar. Bahkan mungkin lebih besar dibanding pegawai perusahaan tersebut dengan jumlah tahun pengalaman kerja yang sama.

Hal tersebut sangat wajar, karena biasanya kompetensi yang dibutuhkan sangat spesifik dan tidak begitu banyak yang memiliki kompetensi tersebut. Dikarenakan juga karena ilmu dan pengalaman itu mahal. Kita sendiri, apabila sudah berkuliah hingga S3 atau Professor, atau berkuliah di luar negeri, tentu ingin agar ilmu Kita dapat dihargai lebih baik.

Penempatan Lokasi Kerja – SPESIALIS / PRO-HIRE

Penempatan lokasi kerja untuk spesialis/pro-hire seharusnya sudah jelas tertuang di kontrak kerja, bahwa pekerjaan akan dilakukan dimana, di kota mana, di kantor atau di lapangan, dan seperti apa kondisi hingga di akhir kontraknya.

4. PROGRAM STAFF POSITION

Untuk posisi satu ini, merupakan rekrutmen yang dilakukan perusahaan secara berkala ataupun tidak untuk mengisi posisi yang dibutuhkan dalam jangka panjang. Untuk posisi ini bisa berlaku untuk semua posisi ya, baik dari posisi support seperti cleaning service, office boy, admin, inspektor, ataupun yang lainnya.

Pelatihan/Kompetensi Program Rekrutmen Pegawai STAFF POSITION

Untuk pelatihan/kompetensi yang akan diberikan mengacu ke masing-masing posisi dan kebijakan perusahaan tersebut. Apabila memang dibutuhkan kompetensi untuk mengerjakan sesuatu di posisi staff tersebut maka biasanya akan diikutkan untuk pelatihan.

Untuk pelatihan sendiri biasanya spesifik ke softskill atau hardskill sesuai kebutuhan di posisi tersebut. Jadi pelatihannya bakal sesuai sama job desc nya terus. Kecuali jika ada kebijakan untuk kebutuhan perusahaan seperti pemindahan posisi, bidang, divisi, atau yang lainnya.

Gaji – STAFF POSITION

Untuk gaji sendiri juga berbeda tergantung posisi dan kebijakan perusahaan. Untuk gambarannya bisa lebih kecil dibanding program MT/ODP (untuk kondisi sama-sama fresh graduate atau belum punya pengalaman).

Penempatan Lokasi Kerja – STAFF POSITION

Untuk yang ini sendiri kembali lagi ke kontraknya ya. Akan seperti apa pekerjaannya, lokasinya, di kota mana, terus apakah akan ada pemindahan setelah beberapa lama.

5. PROGRAM KONTRAK PROYEK

Untuk yang satu ini, hampir sama seperti spesialis atau pro hire. Bedanya adalah persyaratan awal bisa juga fresh graduate tanpa pengalaman sama sekali. Karena posisi yang akan diisi juga general, yang dibutuhkan selama proyek tersebut berlangsung.

Pelatihan/Kompetensi Program Rekrutmen Pegawai KONTRAK PROYEK

Untuk pelatihan sendiri, biasanya ketika proyek berlangsung maka akan dilakukan rekrutmen kepada posisi yang masih kosong. Rekrutmen yang dilakukan juga spesifik persyaratannya seperti pengalaman kerja ataupun memiliki kompetensi tertentu.

Apabila ada pelatihan yang diadakan dan kemudian diikutkan maka itu menjadi bonus. Karena seketika pegawai kontrak proyek direkrut dan memulai pekerjaan, akan langsung memulai pekerjaan pada proyek tersebut hingga proyeknya selesai.

Gaji – KONTRAK PROYEK

Untuk gaji kembali mengikuti apakah posisi tersebut dipersyaratkan untuk fresh graduate atau yang berpengalaman dan berkompetensi. Misalkan Kita lulusan S2 atau memiliki kompetensi dan pengalaman tertentu, kemudian Kita mengikuti rekrutmen yang dipersyaratkan untuk fresh graduate maka resiko yang Kita dapat adalah kesepakatan gaji adalah sebagai fresh graduate. Karena tingkat pekerjaan yang dikerjakan adalah tingkatan fresh graduate.

Penempatan Lokasi Kerja – KONTRAK PROYEK

Untuk penempatan lokasi kerja akan ditempatkan sesuai dimana proyek itu berlangsung. Misalkan rekrutmen dilakukan untuk pegawai administrasi di proyek pembangunan tol Aceh-Medan, maka lokasi kerja akan di sekitaran wilayah proyek tersebut.


Itulah mungkin beberapa posisi yang dapat Saya share kepada teman-teman yang sedang mengikuti rekrutmen perusahaan, terutama kepada teman-teman yang berstatus fresh graduate. Intinya posisi manapun yang akan kamu daftarkan untuk dirimu, itu akan menjadi cerita dirimu sendiri.

Apabila ada info yang kurang tepat ataupun ada pengalaman berbeda dari teman-teman sekalian dapat diinfokan melalui email atau komen di bawah ya.

Jangan lupa cek artikel lainnya di IndOcean.id dan see yaa…

Jenis-Jenis Program Rekrutmen Pegawai Fresh Graduate