Jangan Lakukan 7 Hal ini Jika Ingin Produktif di Hari Libur

Jangan Lakukan 7 Hal ini Jika Ingin Produktif di Hari Libur

August 16, 2021 0 By Faali Muhammad

Halo Gengs, IndOcean.id kali ini akan membahas 7 hal yang apabila kita lakukan di hari libur, akan membuat hari libur kita menjadi tidak produktif.
Apa saja 7 hal tersebut? Langsung saja check it out!

1. Tidur dan berdiam sepanjang hari di kasurmu

Hari libur merupakan kesempatan kita untuk dapat beristirahat setelah melalui hari-hari kerja yang melelahkan. Tetapi, hanya tidur dan berdiam diri di kasurmu sepanjang hari hanya membuat istirahatmu menjadi tidak optimal.

Kalau kamu memang tipe yang benar-benar mager, minimal kamu harus mengusahakan bagaimana kamu bisa tetap produktif dari kasurmu. Misalkan, ada tuh aplikasi untuk belajar bahasa inggris dari smartphone, atau nulis blog dari smartphone, dan hal lain yang dapat dilakukan. Jadi sebisa mungkin, kita udah mager seharian di kasur, ditambah kita cuma scrolling doang sepanjangan pas di kasur, rugi kan waktunya.

2. Tidak membuat target kegiatan untuk dikerjakan

Kita bisa melewatkan hari tanpa perlu mengerjakan sesuatu di hari libur. Tetapi untuk membuat diri kita lebih produktif dan termanage dengan lebih baik, kita bisa membuat target kegiatan.

Cukup 3 kegiatan. Kegiatannya ga harus berat. Misal mencuci piring/baju kotor, belanja stok makanan bulanan, dan push up 30 kali.

3. Melalui sepanjang hari tanpa berdoa

Pasti sering kita mendengar perkataan “Manusia hanya bisa merencanakan, Tuhan yang menentukan.”

Jangan lewatkan berdoa di pagi hari, bercerita kepada Tuhan tentang apa rencana dan harapan kita untuk hari ini, meminta kepada-Nya untuk kelancaran hari dan rencana terbaik untuk kita.

4. Memulai hari tanpa sarapan

Healthy Breakfast

Melewatkan sarapan membuat badan tidak mendapat nutrisi di pagi hari setelah tidur berjam-jam di malam hari. Kalau ga sarapan, pastinya kamu akan semakin mager di kasur seiring waktu karena semakin kekurangan energi yang belum juga kamu isi dari pagi.

Kamu bisa siapin makanan di dekat kasur seperti snack bar, buah, kurma, atau apapun yang bisa mengisi perutmu seketika bangun tidur.

5. Berpikir ketika hanya di rumah seharian saat hari libur tidak perlu mandi

Mandi air dingin di pagi hari bisa membuat kita segar seketika untuk dapat memulai aktifitas, memperlancar sirkulasi darah, membuat rambut & kulit lebih sehat.

Banyak lagi manfaat mandi di pagi hari yang sangat sayang apabila tidak dilakukan, seperti meredakan gejala depresi, melawan berbagai penyakit, dan meringankan nyeri otot. Apalagi kalau badan kita terasa lengket dan gerah karena keringatan, setelah mandi terasa segernya kan.

6. Libur berarti tidak perlu berolahraga

Satu hal yang telah pasti secara ilmiah dari olahraga, bahwa berolahraga menghasilkan hormon kebahagiaan dalam tubuh.

Kita pasti merasa kelelahan secara fisik atau mental setelah melalui hari kerja. Berolahraga bisa menjadi obat untuk menurunkan stres sekaligus membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Morning Jogging

7. Tidak memiliki hobi/passion selain pekerjaan utama

Terkadang, kita akan merasa jenuh di satu titik dengan rutinitas pekerjaan utama kita.

Memiliki tujuan lain dapat membuat kita terpacu dan bersemangat untuk dapat mencapainya dan mengalihkan kita sejenak dari memikirkan pekerjaan kita ataupun bermalas-malasan.

Hobi/passion seperti ngegame, ngeblog, ngonten, olahraga, apapun hal itu selama tetap positif maka dapat kita lakukan


Setiap hal dalam kehidupan kita, kita yang menentukan. Tapi apa yang kita tentukan hari ini akan menentukan kehidupan kita ke depan.

Ada satu quotes yang semoga dapat menginspirasi kamu hari ini.

Jika kamu membuat hari ini spesial, dan jika kamu menjalani kehidupanmu setiap hari seperti itu, maka hidupmu akan menjadi spesial.”

Jung Yun-Ho

Cek postingan lainnya di IndOcean.id ya dan juga instagram kita di ig: @mindset24jam ya. Semoga bermanfaat buat kamu dan orang-orang di sekitar kamu, cheerss…