6 Hal yang Tidak Seharusnya Kita Lakukan Dengan Terburu-buru

6 Hal yang Tidak Seharusnya Kita Lakukan Dengan Terburu-buru

May 21, 2021 0 By Faali Muhammad

Halo gengs, di post kali ini kita akan membahas tentang 6 hal yang tidak seharusnya dilakukan dengan terburu-buru, dan harus kita lakukan dengan kondisi yang tenang dan emosi yang stabil.

Apa saja 6 hal tersebut, langsung saja check it out!

1. Tidak Terburu-Buru dalam: Jatuh cinta.

Pernah dengar kalimat “jangan langsung membuat hubungan setelah putus dengan seseorang.” Atau di saat Kita akan menentukan pasangan hidup, untuk memikirkan dengan matang sebelum memutuskan.

Hal tersebut yang menjadi awal munculnya istilah ‘pelarian’. Jangan bangga kalau kamu deketin cewek dan diterima saat kamu nembak dia, kondisi itu kemungkinan besar terjadi karena dia butuh pelarian dari kesedihannya dan peralihan ia dari memiliki hubungan sebelumnya.

Menyukai orang lain itu wajar, misal kita suka dengan fisiknya ataupun sifatnya, bahkan mungkin gampang untuk suka kepada orang lain.
Tapi apabila untuk menentukan pasangan, tentu harus dipikirkan dengan matang, dan hal tersebut membutuhkan kondisi yang tenang dan emosi yang stabil.

2. Membuat Keputusan Besar.

Ketika akan memilih universitas, jurusan, perusahaan untuk bekerja, bisnis, dll.

Ketika akan menentukan tujuan universitas setelah kita lulus sekolah serta jurusannya. Lebih baik tidak membuat keputusan hanya karena teman kita yang lain memilih jurusan tersebut atau kampus tersebut. Tapi dicoba sounding-sounding terlebih dahulu bagaimana kampus tersebut, bagaimana kondisinya nanti setelah lulus kuliah dan mencari pekerjaan.
Sama juga dengan jurusan, bagaimana perbandingan jurusan yang sama di kampus yang berbeda. Terus juga apakah akan melanjutkan kuliah di kota tempat tinggal kita, ataukah harus merantau ke kota yang berbeda.
Tentu semua hal tersebut harus dipikirkan dengan matang, karena tidak hanya menyangkut kehidupan 4 tahun ke depan, tapi juga menyangkut kehidupan hingga hari tua.

Ketika akan menentukan perusahaan untuk bekerja, bisnis, dan semacamnya.
Di fase ini kehidupanmu ditentukan, dimana kamu harus menjalani hidupmu, membiayainya, dan menanggung setiap resiko yang akan kamu hadapi.
Ketidaktepatan memilih tempat bekerja dapat menyebabkan dirimu harus menanggung suasana lingkungan yang tidak nyaman setiap harinya hingga kontrakmu berakhir atau bahkan mungkin kamu harus membayar denda karena sudah tidak nyaman dan tidak cocok lagi.
Tentu untuk hal ini harus kamu pertimbangkan dengan sangat baik karena menyangkut hidupmu sendiri.

3. Memberikan kepercayaanmu.

Bukan berarti tidak percayaan dengan orang lain, tapi untuk tetap selalu waspada dan menempatkan segala hal di posisinya masing-masing.

Jangan mudah memberikan kepercayaan dengan orang yang baru kita kenal, untuk orang yang sudah sangat dekat dengan kita pun kita harus tetap berhati-hati. Sudah banyak kejadian pebisnis yang mempercayakan keuangan dan penyimpanan kas perusahaan ke orang yang dipercaya yaitu temannya sendiri, dan semua uang perusahaan tersebut akhirnya dibawa lari oleh temannya tersebut.

Cerita tersebut tidak mengajarkan kita untuk menjadi orang yang tidak percayaan dengan orang lain, tapi memberikan pelajaran bahwa kita harus tetap waspada dan berhati-hati dalam menentukan setiap

4. Memakan Makananmu.

Nomor 4 ini udah jelas ya. Dari kecil kita udah diajarin untuk jangan buru-buru dalam memakan makanan kita. Kalau buru-buru bisa keselek kan, dan juga makanan yang kita makan tidak bisa terproses dengan baik, jadi bisa bikin lebih gemuk dan efek lainnya.

5. Tidak Terburu-Buru dalam: Menjudge Sifat Orang.

Intinya jangan langsung menilai dan menyimpulkan sifat seseorang dari satu atau dua hal yang Kita lihat, apalagi kalau baru pertama bertemu. Memang paling mudah muncul di pikiran kita, penilaian akan orang lain ketika kita melihatnya.
Kelihatannya mukanya cemberutan, pasti dia nih marahan orangnya. Padahal mungkin hanya karena ia benar-benar lelah setelah aktivitasnya.
Atau kita melihat orang biasa aja pakai barang yang branded, terus kita bilang bahwa dia pasti beli yang kw tuh. Padahal mungkin dia nabung lama untuk bisa membeli barang tersebut.

6. Berpikir Kamu Mengetahui Seseorang.

Hampir sama kayak nomor 5, tetapi nomor 6 ini lebih sok tau. Ada pengalaman pribadi orang yang saya kenal, ketika ia mengalami suatu kejadian yang mengakibatkan kakinya mengalami suatu masalah. Lalu ia datang ke dokter, sebelum ia menjelaskan kejadiannya, si dokter langsung ngomong “nah ini pasti karena ini nih”. Padahal yang dibilang dokter itu ga bener.
Tapi ini cuma contoh aja ya, contoh lainnya adalah ketika temen kamu nyeritain orang lain ke kamu, terus kamu langsung ngomong “pasti dia tuh begini nih, jadinya digituin.”

Yah banyak lagi contoh lainnya, tapi intinya jangan jadi orang sok tau ya guys!!


Nah itulah 6 hal yang tidak seharusnya kamu lakukan dengan terburu-buru. Ada terkadang sesuatu tidak perlu dilakukan dengan terburu-buru, tetapi hanya karena kita menunda melakukannya, sehingga waktu yang ada untuk mengerjakannya semakin sedikit, membuat kita melakukannya menjadi terburu-buru.

Semoga bermanfaat buat kamu ya, dan jangan lupa cek artikel lainnya di Indocean.id dan Cheerss!!!