5 Tips Bahasa Tubuh Yang Bisa Digunakan Sehari-hari

5 Tips Bahasa Tubuh Yang Bisa Digunakan Sehari-hari

November 22, 2020 0 By Faali Muhammad

Halo Gengs, di artikel IndOcean.id kali ini aku akan berbagi mengenai 5 tips bahasa tubuh yang dapat kamu gunakan dalam kegiatan sehari-hari. Apa saja tipsnya? langsung aja check it out!

Kebiasaan Bahasa Tubuh, Memasukkan Tangan di Kantong

1. Hindari kantongmu.

Meletakkan tangan di kantong membuatmu terkesan menutup diri dan menutupi sesuatu. Menunjukkan bahwa kamu sedang tidak ingin mengobrol dengan siapapun.

Ketika kamu sedang ingin membuka diri dengan orang lain atau ingin memulai saling bersapa dengan orang lain, akan lebih baik untuk menghindari hal ini. Apalagi jika kamu ingin seseorang untuk menyapamu terlebih dahulu.

2. Bersikap menyenangkan.

Apa nih? Apakah harus berpura-pura dan ga menjadi diri kita sendiri? Engga.

Coba bayangin nih, kamu ketemu dengan orang yang belum pernah kamu temui. Terus di obrolan pertama itu orang yang kamu ajak ngobrol selalu mengeluh tentang segala sesuatu. Kamu sudah mencoba untuk mengganti topik menjadi hal lainnya, tetapi ternyata ia tetap membahas topik itu dengan cara mengeluh. Selalu mencari hal negatif dari setiap hal.

Gimana menurutmu? Capek kan ya. Mungkin ada orang yang telah terbiasa melihat sisi negatif dari suatu hal dan ada yang selalu melihat dari sisi positif. Kedua-duanya tidak salah. Tapi… Itu bukan hal yang bisa kamu tunjukkan di pertemuan pertamamu dengan orang lain. Bahkan, tipe orang yang harus kamu hindari setelah pertemuan pertama adalah ‘orang-orang yang selalu mengeluh’. Karena sepanjang hubunganmu dengan mereka akan dipenuhi dengan keluhannya.

Orang dengan kebiasaan tersebut termasuk tipe toxic yang dapat memberimu pengaruh negatif. Membuatmu menjadi terbiasa melihat sisi negatif dan mengeluhkan segala sesuatu. Jadi jangan lakuin hal ini di pertemuan pertamamu dengan orang lain ya.

3. Berjalan dengan langkah lebar.

Untuk nomor 3 ini menunjukkan kondisimu yang percaya diri dan memiliki arah yang jelas. Untuk lebih mudah membayangkannya begini deh, coba kamu praktikkin berjalan dengan langkah kecil dan langkah yang lebih besar atau kamu lihat orang lain yang berjalan dengan langkah yang kecil dan yang lebar.

Langkah yang kecil seperti menunjukkan kamu sedang tidak ada tujuan, sedang berkeliling tanpa ada hal yang sebenarnya ingin kamu lakukan. Berjalan dengan langkah yang kecil seperti ini juga seperti menunjukkan kamu tidak percaya diri, ragu, ataupun kebingungan.

Kedua hal tersebut tidak mutlak benar atau salah, tapi kamu akan bisa merasakan bedanya ketika melakukan dan melihat orang melakukannya.

4. Jangan menyilangkan tanganmu.

Untuk yang ini mungkin udah cukup jelas ya. Hal ini terkesan kamu membuat batas antara kamu dan orang di depan kamu, menunjukkan kamu sedang berusaha defensif untuk situasi tersebut. Kesan lain juga seperti menunjukkan keangkuhan.

Tetapi dari hal-hal tersebut, menyilangkan tangan menjadi bagian dari kebiasaan karena dianggap nyaman. Semuanya kembali ke kita masing-masing. Bagaimana kondisi kita saat itu, siapa orang-orang yang sedang bersama kita saat itu, acara apa yang sedang kita hadiri saat itu. Karena kita yang paling tau kondisi yang sedang kita hadapi dan bagaimana baiknya kita bersikap.

5. Berhenti menggaruk dan menyentuh muka dan kepala dengan tangan.

Nahh, untuk yang terakhir. Bayangin aja deh, pas lagi ngobrol terus lawan bicara kamu ngegaruk kepala atau mukanya, dan intensitasnya sering selama kalian mengobrol. Biasanya nih orang reflek ngegaruk itu pas lagi ga yakin dengan omongannya, atau ragu, atau lebih terintimidasi oleh lawan bicaranya.

Bisa juga pas lagi ragu tuh, mendadak ngegaruk dahi. Hahaha, mungkin kamu udah kebayang deh. Pas kamu lagi ngobrol, apalagi dengan orang yang mungkin atasan kamu atau orang yang kamu segani dan tiba-tiba kamu reflek, bahasa tubuh kamu kelihatan banget tuh hahaha.


Okee, jadi itu 5 tips bahasa tubuh yang secara sadar dan ga sadar sering kita lakukan atau ga kita lakukan dalam kehidupan kita sehari-hari. Semuanya kembali ke diri kita masing-masing, yang mana yang akan kita gunakan ataupun ga kita gunakan. Untuk penjelasan dan video agar kamu lebih terbayang, kamu bisa kunjungi channel youtube Alex Costa yang menjadi inspirasi artikel ini disini ya…

Semoga artikel ini bermanfaat. Apabila bermanfaat jangan lupa share ke temen-temen kamu ya, agar manfaatnya ga stop di kamu.

Jangan lupa cek artikel lainnya di Indocean.id dan see yaa…