5 Cara Untuk Tetap Fokus Pada Saat Bekerja/Belajar

5 Cara Untuk Tetap Fokus Pada Saat Bekerja/Belajar

February 7, 2021 0 By Faali Muhammad

Halo gengs, di artikel IndOcean.id kali ini Indocean.id akan membahas tentang 5 Cara Tetap Fokus pada Saat Bekerja/Belajar.

Banyak orang dan mungkin termasuk diri kita sendiri, kesulitan untuk tetap fokus bekerja atau belajar dalam waktu lama. Karena memang kita mungkin yang ga cocok buat duduk berjam-jam mengerjakan sesuatu, atau mungkin karena apa yang harus kita kerjakan benar-benar membosankan dan membuat pusing.

Nah, kalau kamu ngalamin hal-hal seperti di atas, coba deh cek 5 hal di bawah biar kamu bisa makin fokus pada saat mengerjakan sesuatu. Langsung saja check it out!

1. Temukan kesenangan dalam hal yang kamu lakukan.

Terus ada yang nanya, “Mas, kalau misal kita ga seneng ngelakuinnya gimana?”
Misal kerjaan kantor tuh.

Berarti kalau kayak gitu, kamu bakal seneng ga kalau hal tersebut udah kamu selesaikan?
Kalau jawabannya iya.

Bayangin deh kalau kamu kerjain cepet-cepet terus kamu bisa nyelesain kerjaan tersebut dan setelah itu bisa nyantai dan ga dikejer-kejer klien atau deadline lagi.
Bisa jadi motivasi juga kan.

Tapi kalau kamu udah suka mengerjakan hal yang kamu lakukan, atau kamu menemukan gairah dalam mengerjakannya, nikmatinlah kesenangan itu dan sesekali beri jeda tubuhmu dengan peregangan, jalan sedikit, dan pergi keluar untuk menghirup udara segar.

2. Pilih Kombo Kursi-Meja yang membuatmu nyaman

Bayangin aja deh, kalau kamu ngerjain sesuatu berjam-jam, terus kamu harus duduk di lantai tanpa kursi dan meja, punggungmu dan kepalamu harus terpaksa terus melihat ke bawah, pasti kerasa pegel-pegel kan.
Otomatis bikin kamu jadi ga bisa nyaman lama-lama kerjanya.

Hal itulah kenapa sampai ada kursi kerja atau kursi gaming seharga puluhan juta.
Karena memang hal tersebut sangat penting, agar orang bisa berlama-lama duduk mengerjakan sesuatu tanpa terasa pegal.

3. Selalu Sediakan Air Di Dekatmu

Kalau udah nyaman ngerjain sesuatu, kamu pasti ga sadar waktu.
Meskipun ga berasa haus sama sekali karena terlalu fokus mengerjakan ataupun karena berada di ruangan ac, tetapi badan kamu harus tetep terhidrasi dan diisi air.

Jadi jangan lupa selalu siapin air ya.
Kopi, jus, dan lain-lain juga ok.
Tapi harus tetep inget untuk mencukupi asupan air putih dalam sehari ya.

Jangan sampai kerja seharian tapi minumnya yang rasa-rasa teruss.
Bisa ga sehat kan buat badan.

4. Buat target prioritas.

Kamu ga akan bisa fokus kalau mikirin banyak hal sekaligus untuk kamu selesaikan.

Jadi caranya yaitu kamu harus buat prioritas.
Buatlah list target yang harus kamu lakukan.
Lalu susun list tersebut berdasarkan prioritas penyelesaiannya, baik seberapa urgent hal tersebut, atau. seberapa penting untuk diselesaikan dahulu.

Jadi dengan hal tersebut, kamu ga perlu mikirin hal lain sebelum target yang sedang kamu kerjakan sudah selesai.
Apabila sudah selesai dengan prioritas nomor 1, baru deh lanjut mengerjakan yang nomor 2.
Saat mengerjakan nomor 2 pun ga usah pikiran yang nomor 3, 4, 5, dan seterusnya ya.

5. Berikan batas waktu untuk setiap target

Nah, dari list target yang udah kita buat pada nomor 4 sebelumnya, selanjutnya kita buat target waktu untuk setiap hal yang dikerjakan.

Jadi sebisa mungkin selesaikan dahulu setiap list target dan prioritas yang ada sesuai batas waktu yang telah kita buat.


Itulah 5 cara yang dapat kita lakukan agar kita dapat semakin fokus bekerja/belajar.

Semoga 5 hal tersebut dapat membantu kamu untuk fokus ya.
Dan juga hal tersebut dapat diaplikasikan bukan cuma ke kerjaan, tapi juga olahraga, beres-beres, dan hal lainnya.

Dishare ke temen-temen kamu ya, biar manfaatnya juga bisa dirasakan oleh orang lain juga 😉 dan cek artikel lainnya di IndOcean.id.

See yaa!!